Enam Langkah Untuk Menjadi Orang yang Hobi Membaca

Assalamu’alaikum Wr Wb.... Pada kesempatan ini saya akan sedikit sharing tentang kiat-kitat membaca buku pelajaran. Tapi, sebelumnya perlu disadari bahwa membaca itu adalah sebuah aktivitas yang akan menguntungkan kita sendiri. Kenapa? karena dengan aktifitas membaca wawasan kita akan semakin luas dan pengetahuan kita akan semakin banyak, oleh karena itu berbahagialah orang yang suka membaca. 

Bagaimana Caranya Agar membaca menjadi hobi sehari-hari?

Mungkin kebanyakan orang, khususnya para pelajar dituntut membiasakan diri untuk selalu membaca, khususnya membaca buku-buku yang bersangkutan dengan pelajaran yang sedang digeluti. Namun, sayangnya tuntutan itu biasanya malah menjadi beban. Ketika sang guru disekolah menyuruh untuk banyak membaca, maka terkadang suruhan itu menjadi sebuah beban. Oleh karena itu saya disini akan memberikan trik atau cara terampuh agar membuat anda terbiasa dalam aktifitas membaca.

Langkah pertama. Jadikan jiwamu menjadi seseorang yang haus akan ilmu, sebab hanya orang yang haus akan ilmulah orang yang akan banyak membaca. Namun, bagaimana caranya agar jiwa kita haus dengan ilmu? Mengetahui manfaatnya ilmu. Orang yang mengetahui tentang manfaatnya ilmu, ia akan merasa ingin memiliki ilmu tersebut, hingga akan timbul sebuah impian yang mampu menggetarkan jiwa untuk menjadi pribadi yang cerdas. Maka cara yang paling tepat untuk menjadi cerdas adalah dengan jalan banyak membaca.

Langkah Ke dua. Biasakanlah untuk selalu bergaul dengan orang yang rajin membaca, sebab seorang teman akan mempengaruhi hidup anda. Memang secara tidak sadar anda akan mengatakan tidak, namun, pada hakikatnya memang seperti itu adanya. Saat anda bergaul dengan orang yang rajin maka anda akan tertulari kerajinannya, saat anda bergaul dengan orang jahat anda akan terpengaruhinya untuk menjadi seorang penjahat, saat anda bergaul dengan orang pintar anda akan terpengaruhi kepintarannya.  Dan ketika anda banyak bergaul dengan orang yang banyak membaca maka lambat laun anda pun akan terbiasa untuk membaca. 

Langkah Ke tiga. Membiasakan diri dengan cara paksa untuk selalu membaca dan membaca. Langkah ke tiga ini berfungsi untuk melengkapi langkah pertama dan langkah ke dua. Artinya, jika dengan langkah pertama dan langkah ke dua di atas tidak mempan, tidak membuat anda menjadi hobi membaca maka langkah yang harus anda lakukan adalah paksakan. Orang sunda menyebutnya “Allahumma Paksakeun” yaitu memaksakan diri untuk terus membaca.

Langkah ke empat. Memilih jenis bacaan yang paling di sukai, misalkan kesukaan anda adalah Novel maka geluti saja dulu di bidang itu. Atau jika anda lebih meminati puisi maka fokuskanlah saja dulu di bacaan anda di bidang itu. Hal ini dimaksudkan agar aktifitas membaca tidak membosankan, karena sebagai fitrah manusia terkadang memiliki sifat bosan, maka untuk mengantisipasi hal tersebut mendahulukan sesuatu yang paling disukai adalah jalan yang tepat.

Lngakah ke lima. Membuat perjanjian kepada diri anda sendiri untuk membiasakan membaca.setiap hari, dengan cara menentukan kuantitas bacaannya yang ditulis dikertas. Misalkan, “Saya Akan Membaca Setiaphari sebanyak 100 halaman”, kemudian kertas yang bertulisan itu tempelkan pada dinding kamar anda, agar setiap kali anda melihatnya anda menjadi sadar dan ingat terhadap janji itu. 

Langkah ke enam. Perbanyaklah diskusi dengan teman atau dengan siapa saja yang membuat hati anda terpancing untuk jatuh cinta kepada ilmu (yang didiskusikan). Karena dengan itu anda akan menganggap bahwa aktifitas membaca adalah segalanya. Kenapa? Karna membaca adalah pintu untuk menemukan sesuatu yang tidak akan ditemukan kecuali dengan membaca (ilmu pengetahuan)

4 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. sukses untuk tulisanya.mulai haei ini saya akan gemar membaca.rtima kasih ya kl bole boleh dong ngobrol sekali2 telpon saya di 082374041989

    ReplyDelete
  3. Midian :Ya trimakasih sidah berkunjung ke blog ini. Semoga bermanfaat...

    ReplyDelete

Berikanlah komentar terhadap postingan ini tentang keritik atau saran. karena dengan itu kami berharap dapat memperbaiki postingan yang selanjutnya. oleh karena itu komentar anda akan sangat berarti bagi kami. Akhir kata semoga postingan ini bermanfaat bagi anda khususnya, dan umumnya bagi semua orang.

Mohon maaf dari segala kesalahan dan kekurangan yang terdapat dalam penulisan ini, karena admin adalah seseorang yang masih jauh dari hakikat kebenaran yang sebenarnya.

Kalam Tuan syaikh Abdul Qodir Bagian Awal Tentang I'tirod

 قال سيدنا الشيخ محي الدين ابو محمد عبد القدير رضي الله عنه بكرة يوم الأحد بالرباط ثالث الشوال سنة خمس وأربعين وخمسمائة،  Sayidina syaikh ab...