Pengertian manajemen


Manajemen berasal dari bahasa Inggris to manag yang berarti mengatur, mengurus atau mengelola. Menurut Malayu S.P Hasibuan, manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainya secara efektif dan efisien untuk  mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam manajemen terdapat dua sistem, yaitu sistem organisasi dan sistem administrasi (Saefullah, 2012:1).

Manajemen sering diartikan sebagai ilmu, kiat, dan profesi. Dikatakan sebagai ilmu oleh Luther Gulick karena manajemen dipandang sebagai suatu bidang pengetahuan yang secara sistematik berusaha memahami mengapa dan bagaimana orang bekerja sama (Nanang Fattah, 2009:1). Salah satu rumusan operasional yang memungkinkan dapat diajukan, bahwa manajemen adalah suatu proses sosial yang berkenaan dengan keseluruhan usaha manusia dengan bantuan manusia lain serta sumber-sumber lainya, mengunakan metode yang efisien dan efektif untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya (Oemar Hamalik, 2010: 16).

Banyak ahli memberikan pengertian tentang manajemen, yang di antaranya adalah:
  1. Menurut Mary Parker Follet, manajemen adalah seni karena untuk melakukan pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.
  2. Menurut Horold Koontz dan Cyril O’Doonnel, manajemen adalah usaha untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
  3. G.R. Terry mengatakan bahwa manajemen adalah proses khas yang terdiri atas tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dari sumber daya lainnya (dikutip oleh Saefullah, 2010:2).
Manajemen dapat didefinisikan sebagai bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan personalia atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepemimpinan (leading) dan pengawasan (controlling). Sedangkan menurut Luther Gulick, manajemen adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerja sama lebih bermanfaat bagi kemanusiaan (Handoko, 2000:11).

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah rangkaian proses aplikatif dengan berkerja bersama dalam mengupayakan pengelolaan yang berkenaan dengan organisasi, untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya secara efektif dan efisien.

Ada empat aplikasi yang berbeda dari istilah manajemen, diantaranya:
  1. Pengelompokan pekerjaan. Manajemen dapat berarti suatu kelompok orang yang melaksanakan tugas-tugas atau fungsi-fungsi manajerial.
  2. Seorang individu. Individu yang melaksanakan manajerial atau bagian dari kelompok secara keseluruhan dapat disebut manajemen.
  3. Suatu disiplin akademik. Manajemen adalah suatu bidang akademik atau suatu bidang studi.
  4. Suatu proses. Manajemen juga merupakan suatu proses yang mencakup pelaksanaan suatu rangkaian tipe-tipe khusus kegiatan atau fungsi (Handoko, 2000:15). 

No comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar terhadap postingan ini tentang keritik atau saran. karena dengan itu kami berharap dapat memperbaiki postingan yang selanjutnya. oleh karena itu komentar anda akan sangat berarti bagi kami. Akhir kata semoga postingan ini bermanfaat bagi anda khususnya, dan umumnya bagi semua orang.

Mohon maaf dari segala kesalahan dan kekurangan yang terdapat dalam penulisan ini, karena admin adalah seseorang yang masih jauh dari hakikat kebenaran yang sebenarnya.

Kalam Tuan syaikh Abdul Qodir Bagian Awal Tentang I'tirod

 قال سيدنا الشيخ محي الدين ابو محمد عبد القدير رضي الله عنه بكرة يوم الأحد بالرباط ثالث الشوال سنة خمس وأربعين وخمسمائة،  Sayidina syaikh ab...