Harapan Remaja


Dalam lamunan teringat sebuah hari yang menjadi saksi sahnya sepasang suami istri yang menjadi misteri dalam hati sanubari, diantara merekalah yang sering mengotak-atik isi hatiku hingga berantakan tak karuan, merekalah yang menjadi tunggal permasalahan hidup kegalauan.
Namun kini tak lagi aku hiraukan dan kini akupun merebah sayapku demi angan yang mengawang, sadar sudah aku dilema sedikit cinta yang belum pasti abadi, jati diri yang sedang aku cari ternyata masih menjulang tinggi seakan tak mungkin aku gali dengan keadaan yang hanya diam dalam zona kenyamanan.
Teringat sebuah kata yang menjadi peringat bagi segenap umat, “wahai pemuda berbesar cita-citalah karena sesungguhnya cita-cita itu adalah sayap yang akan menghantarkan pada kesuksesan,  teringat pula terhadap suatu fatwa dengan bahasa arab yang ditulis dalam sebuah kitab


إذ الفتى حسب اعتقاده رفع  ## وكل من لم يعتقد لم ينتفع

Seorang remaja yang memiliki berjuta kesempatan untuk meraih puncak harapan, yang memiliki banyak peluang dengan berbagai fasilitas kehidupan, akan sangat beruntunglah dan sangat agunglah jika berpondasikan impian. Namun jika kesempatan dan fasilitas tersebut tidak berpondasikan harapan dan cita-cita menderitalah dia.
Dunia remaja merupakan saat-saat terindah yang sedang aku alami, dengan berbagai pengalaman telah membuktikan bahwa sebuah nilai masa takan bisa dihitung dengan harga, namun sayang tidak semua remaja tahu akan nilai sebuah waktu sehingga merekapun lantas melaluinya tanpa menyimpan proses masa depan yang lebih cemerlang.
Hakikat tujuan kehidupan sang remaja adalah masa depan. Jika berbicara tentang masa depan berarti akan membicarakan tentang kehidupan akhirat karena remaja bertaqwa meyakini adanya hari akhirat nanti, akhirat adalah masa depan bagi orang yang bertaqwa yang harus dipersiapkan dengan berbagai kegiatan-kegiatan yang telah dicontohkan oleh baginda tercinta rosul jungjunan kita habibana wanabiyyana wamaulana muhammad SAW.
Hidup adalah perjuangan yang membutuhkan pengorbanan dengan penuh keikhlasan, jalan hidup tak selamanya lurus, jalan hidup tak selamanya datar, jalan hidup tak semuanya mudah namun banyak kesulitan-kesulitan dan tikungan-tikungan yang mengagetkan, tikungan itulah yang disebut ujian yang harus dilalui demi sampainya ketempat tujuan. Meski katanya hidup ini indah tapi apa artinya jika keindahanya itu tidak kau gunakan untuk menghiasi masa depan. Dalam hidup tersirat berjuta anugrah namun mampukah kita menemukan rahasiahnya sementara rahasia itu hanya bisa ditemukan dengan hidayah,
Kehidupan remaja adalah saatnya pencarian semua cinta dengan berbagai usaha yang berbeda cara, ada yang dengan cara terpuji seperti mencari cinta dengan cara bersujud kepada alloh dan berfikir dua kali untuk mengambil tindakan. ada juga dengan cara tercela seperti mencari cinta dengan jalan mengumbar dosa dan tanpa berfikir panjang, meskipun tujuanya sama yaitu mencari cinta tapi jika caranya berbeda tentu dalam masalah seperti ini hasilnyapun akan jauh berbeda.
Tentang masa remajaku cukuplah aku dan tuhanku yang tahu, sedikit sekali waktu yang menyaksikan derasnya air mataku mengalir diatas sejadah dengan harapan ampunan tiada tara , demi curahan cinta ilahi, tak sedikit tempat yang menyaksikanku tetkala bergurau dengan tipu daya dunia yang secara tidak sadar aku telah terjerumus olehnya,

Kalam Tuan syaikh Abdul Qodir Bagian Awal Tentang I'tirod

 قال سيدنا الشيخ محي الدين ابو محمد عبد القدير رضي الله عنه بكرة يوم الأحد بالرباط ثالث الشوال سنة خمس وأربعين وخمسمائة،  Sayidina syaikh ab...