BABI. STUDI FILOLOGI


Bismilahirrohmanirrohim
A.    Pengantar
Lahirnya filologi dilatar belakangi oleh faktor-faktor berikut :
a.     Munculnya informasi tentang masa lampau didalam seumlah karya tulisan
b.     Anggapan adanya nilai-nilai yang terkandung dalam peninggalan tulisan masa lampau yang dipandang masih relevan dengan kehidupan masa sekarang.
c.      Kondisi fisik dan substansi materi informasi akibat rentang waktu yang panjang
d.     Faktor sosial budaya yang melatar belakangi penciptaan karya-karya tulisan masa lampau yang tidak adalagi atau tidak sama dengan latar sosial budaya pembacanya masa kini.
e.     Keperluan untuk mendapatkan hasil pemahaman yang akurat.
  B.      Etimologi Dan Istilah
Secara Etimologi Filologi berasal dari yunani fhilologia yang berupa gabungan dari kata fhilos yang berarti teman dan  logos yang berarti pembicaraan atau  ilmu. Dalam bahasa yunani fhilologia berarti senang berbicara yang kemudian berkembang menjadi senang belajar, senang kepada ilmu, senang kepada tulisan-tulisan.
Sebagai istilah Filologi yaitu untuk menyebut keahlian yang diperlukan untuk mengkaji peninggalan tulisan yang berasal dari kurun waktu beratus-ratus tahun sebelumnya.
 C.     Macam- macam pengertian dan sejarah perkembangannya
1.     Filologi sebagai ilmu tentang pengetahuan yang pernah ada
Informasi mengenai masa lampau suatu masyarakat dapat diketahui oleh masyarakat kini melalui peninggalan-peninggalannya baik yang berupa benda-benda budaya ataupun karya tulisan, karya tulisan pada umumnya mempunyai caku[an informasi yang luas, oleh karna itulah, kemudian filologi memperoleh arti pengetahuan.
2.     Filologi sebagai ilmu bahasa
Sebagai hasil budaya masa lampau, peninggalan tulisan masa lampau perlu dipahami dalam konteks masyarakat yang melahirkannya, pengertian tentang berbagai konvensi yang hidup dalam masyarakat yang melatar belakangi penciptanya mempunyai peran yang besar bagi upaya untuk memahami kandungan isinya, memngingat bahwa lapis awal dari karya tulisan masa lampau berupa bahasa, maka pekerja filologi pertama-tama dituntut untuk mengetahui bekal pengetahuan tentang bahasa yang dipakai dalam tulisan lama tersebut, hal ini berarti juga bahwa pengetahuan kebahasaan secara luas diperlukan untuk membongkar isi karya tulisan masa lampau, dengan demikian seorang pekerja filologi harus pula ahli bahasa, dari situasi inilah kemudian filologi dipandang sebagai ilmu bahasa.
3.     Filologi sebagai ilmu sastra tinggi
Dalam perkembangannya karya-karya tulisan masa lampau yang didekati dengan filologi berupa karya-karya yang memiliki nilai yang tinggi didalam masyarakat, karya-karya itu pada umumnya dipandang sebagai karya-karya sastra ‘adiluhung’
4.     Filologi sebagai studi teks
Filologi dipakai juga untuk menyebut ilmu yang berhubungan dengan studi teks, yaitu studi yang dilakukan dalam rangka mengungkapkan hasil budaya yang tersimpan didalamnya, pengertian demikian antara lain dapat dijumpai pada filologi di negara belanda.
D.    Dasar Kerja Filologi
Filologi diperlukan karena munculnya variasi-variasi dalam teks yang tersimpan dalam naskah, gejala tersebut memperlihatkan gejala bahwa dalam penyalinan naskah, teks senantiasa mengalami perubahan sehingga lahirlah wujud teks yang bervariasi, dengan demikian filologi bekerja karena adanya sejumlah variasi.
E.     Sasaran Dan Objek Kerja
Dari sejarah lahirnya filologi sebagai istilah, dapat diketahui bahwa filologi mempunyai sasaran kerja yang berupa naskah yaitu peninggalan tulisan masa lampau. Ilmu yang berkaitan dengan naskah dan pernaskahan disebut kodikologi, yaitu kajian filologi berupa teks, yaitu informasi yang terkandung dalam naskah yang sering disebut juga muatan naskah. Ilmu yang berkaitan dengan teks yang tersimpan dalam naskah disebut tekstologi.
F.     Tujuan
Tujuan umum:
a.     Mengungkapkan produk masa lampau melalui peninggalan tulisan
b.     Mengungkapkan fungsi peninggalan tulisan pada masyarakat penerimanya, baik pada masa lampau maupun pada masa kini
c.      Mengunggkapkan nilai-nilai budaya masa lampau
Tujuan Khusus
a.     Mengungkapkan bentuk mula teks yang tersimpan dalam peninggalan tulisan masa lampau
b.     Menggungkapkan sejarah perkembangan teks
c.      Mengungkapkan sambutan masyarakat terhadap suatu teks sepanjang penerimanya
d.     Menyajikan teks dalam bentuk yang terbaca oleh masyarakat masa kini, yaitu dalam bentuk suntingan
G.    Metode
Sebagai suatu disiplin studi filologi menuntut metode yang memadai, beberapa faktor yang terlibat dalam kerja filologi menjadi pertimbangan dalam menetapkan metode. Diantara faktor-faktor tersebt adalah
a.     Pandangan tentang studi filologi yang dilatari oleh sikapnya terhadap variasi
b.     Kondisi sasaran dan objek kerjanya seperti yang terlihat pada materialnya, pada sistem bahasa, sistem sastra, dan konvensi sosial budayanya
c.      Besarnya jumlah peninggalan tulisan yang memuat teks dan bentuknya yang bermacam-macam
d.     Kondisi bacaan yang rusak atau korup
e.     Macam tujuan kerja.
H.     ilmu Bantu
karena objek kajian filologi adalah naskah, maka filologi sangat erat kaitanya dengan kodikologi (ilmu tentang naskah), dan karena objek kajiannya teks maka filologi banyak berkaitan dengan tekstologi (ilmu tentang teks). Kerja filologi juga memerlukan pula bantuan berbagai disiplin yang berkaitan dengan pengetahuan tentang unsur-unsur yang terkait dengan naskah seperti bahan (kertas, kulit kayu, kulit binatang daun papirus dll) tinta, tulisan, bahasa, dan yang berkaitan dengan teks yang menjadi kandunganya, seperti yang berupa budaya, sastra, sejarah, hukum, adat istiadat dan berbagai pengetahuan yang terkandung di dalamnya.
I.       Studi Filologi Di Indonesia
Studi filologi yang diterapkan terhadap naskah-naskah nenek moyang bengsa indonesia selama ini dilakukan dengan mengikuti pandangan yang berlaku di Eropa, khususnya di Negeri Belanda. Yaitu suatu bangsa yng selama ini mempunyai pengaruh besar di Indonesia. Pengertian filologi mengikuti pengertian sebagaimana yang ada Di Negara Belanda, Ialah studi mengenal kebudayaan yang didasarkan pada bahan tertulis dengan tujuan mengungkapkan informasi masa lampau yang terkandung di dalamnya.

Kalam Tuan syaikh Abdul Qodir Bagian Awal Tentang I'tirod

 قال سيدنا الشيخ محي الدين ابو محمد عبد القدير رضي الله عنه بكرة يوم الأحد بالرباط ثالث الشوال سنة خمس وأربعين وخمسمائة،  Sayidina syaikh ab...