Terapi Sang Nabi Saw Dalam Mengobati Penyakit Asmara (Rindu)

Berikut ini merupakan tips mengobati penyakit asmara, sebagaimana yang dilakukan oleh Rasullullah Saw., yang dikutip dari dalam kitab Ath-Thibb An-Nabawiy, karya Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah

Cinta yang mendalam melahirkan kerinduan pada diri seseorang. Rindu adalah salah satu penyakit hati, sebuah “rasa” sakit yang sangat berbeda dengan penyakit-penyakit lainnya, baik cara pengobatannya maupun penyebabnya. Paramedis tidak akan sanggup mengobati penyakit asmara ini, karena asmara adalah penyakit dari dimensi lain dan hanya hinggap di hati insan-insan yang diharu biru oleh asmara. Allah Azza wa Jalla menandaskan dua tipen manusia dalam hal penyakit asmara (cinta) ini yaitu, pegiat asmara dari kalangan komunitas perempuan dan pecinta dari para pemuda tampan. 

Gejolak rindu akan terobati bila sang perindu bertemu dengan kekasih hatinya. Seorang perindu sejati akan rela berkorban apa saja demi sang pujaan hati. Banyak wacana tafsir dan interpretasi dari para cerdik cendikia perihal kerinduan ini, dimana satu sama lain saling mengklaim kebenaran tafsirnya. Dalam hal ini kami Ibnu-Qayyim al-Jauziyah- berkeyakinan bahwa merupakan Sunnatullah yang disematkan kepada setiap mahluk-Nya yaitu rasa saling tertarik dan hasrat ingin memiliki sesuatu yang dicintainya, berikut rasa ingin membangun kebersamaan dan keserasian antar sesama insan dan mahluk lainnya. 

Pertalian itu biasanya didasari oleh semangat kesamaan, kecocokan dan kesetaraan, baik yang berdimensi jenis (unsur), habitat maupun stereotip kehidupan. Misalnya pria yang normal tentu akan tertarik dengan dengan wanita yang cantik, begitu juga yang terjadi dengan habitat hewan. Sebaliknya, rasa tidak tertarik dipicu oleh tidak adanya kesamaan, kecocokan, dan tidak adanya keserasian. 

Itulah sebab utama dari pupusnya nilai-nilai cinta pada diri setiap mahluk-Nya. Bila kita mau menafakuru kejadian alam, maka putaran sinar galaksi pada tata surya ini terjadi sejalan dengan unsur keseimbangan antara poros atas dan poros bawah, satu sama lain tidak bertabrakan karena unsur tersebut. Demikian pula jika kita mencermati fenomena alam, maka kita akan melihat air mengalir ke dataran yang lebih rendah, api menjalar ke angkasa, dan manusia memiliki rasa cinta kepada sesuatu yang disukainya. Semua itu mengalir sejalan dengan Sunnatullah (putaran kehidupan). 

Ada banyak ragam asmara (wacana cinta) dalam kehidupan manusia, namun cinta yang paling utama dan termulia adalah cinta hanya kepada , demi dan untuk Allah Swt. Yaitu mencintai segenap apa yang dicintai oleh Allah Swt, dan senantiasa menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta kepada Allah dan Rasul-Nya dalam hati dengan ikhlas dan sepenuh jiwa. Di antara wacana cinta, ada cinta yang berdasarkan kesamaan pandangan hidup, ideologi, dan jalan kehidupan. Kesamaan agama, mahzab, visi dan misi, kedekatan dan kekerabatan, kepentingan bisnis, ketertarikan akan kecantikan dan ketampanan. 

Demikian pula ada cinta yang berdasarkankesamaan visi dan misi untuk menggapai kepentingan pragmatis, baik berdimensi jabatan, keuntungan materi, posisi, kebutuhan akan pengetahuan dan pengalaman, serta obsesi yang hendak dicapai. 

Wacana cinta (ragam asmara) seperti tersebut diatas disebut cinta pragmatis, sebab lahirnya cinta hanya karena kepentingan dan gapaian tertentu. Cinta seperti itu akan pudar sejalan dengan terpenuhinya kepentingan pragmatis sang pecinta. Adapula cinta yang tidak berdasarkan kepentingan pragmatisme, namun lahir dari hasrat yang kuat untuk mencintai, yaitu sebuah jalinan cinta yang suci dan bersih dari “noda” pamrih, dan sebuah cinta yang fitri antara sang pecinta dan kekasihnya. Gelora cinta seperti itulah yang lahir dari ruh-ruh suci, sehingga cinta abadi tidak akan pudar oleh mega godaan dan rintangan yang menghalanginya. Pada diri sang pecinta (perindu) seperti itu maka tidak ada sedikitpun ruang dalam syakilah hatinya kecuali sang pujaan hati, sehingga sang pegiat asmara diharu-biru cintanya dan tidak jarang didera oleh cintanya yang tak bertepi. 

Jika cinta lahir dari jalinan dua hati dan ruh, lantas bagaimana dengan cinta yang timbul dari satu arah? Sedangkan realita membuktikan bahwa banyak Ritus" cinta yang lahir justru hanya dari satu pihak, dan cinta yang lahir dari dua arah justru banyak berpijak pada nafsu dan keinginan yang pragmatis, menyikapi realita tersebut maka yang harus diingat adalah bahwa nuansa percintaan itu tidak akan lepas dari tiga hal : 

  1. Alasan bercinta. Kebanyakan orang sering terjebak pada gelora cinta yang semu dan sama sekali tidak memahami hakikat cinta itu sendiri. Hal yang paling esensial dalam bercinta adalah memahami “kesejatiannya” bukan tampilan lahirnya, ketulusan, kejujuran dan kesucian- dalam bercinta lebih utama ketimbang kepura-puraan, kehipikritan, dan tampilan-tampilan yang menipu.
  2. kendala yang merintangi percintaan. Hal itu baik yang terkait dengan etika dan estetika serta perilaku sang pecinta. Rendahnya moralitas dan keburukan laku si pecinta akan membuat sang kekasih luntur cintanya, atau bahkan memutuskan cintanya. 
  3. kendala (aib) yang lahir dari dari sang kekasih itu sendiri. Dengan kekurangan (aiban) itu, maka akhirnya sang pecinta menjadi tidak simpatik dan cintanya akan luntur. 
Seorang pecinta sejati akan menerima dengan penuh ketulusan atas segala kekurangan kekasihnya, bersedia mengorbankan segalanya demi sang kekasih, dan tanpa ada pamrih yang terselubung. Pengorbanan dan pengabdiannya penuh dengan ketulusan dan dilakukan oleh kedua belah pihak yang salng mencintai. Itulah sejatinya yang disebut dengan cinta yang hakiki. 

Akan tetapi, semudah itukah mewujudkan cinta yang sejati? Sejarah memaparkan bahwa jika tidak ada rasa angkuh atau sombong, serta nafsu untuk berkuasa dan dimuliakan yang bergolak di dada para kafir, niscaya Rasulullah Saw akan menjadi insan yang paling mereka cintai melebihi cinta mereka terhadap diri, keluarga, dan hartanya. Selama rasa angkuh dan sombong serta nafsu ingin berkuasa dan dihormati masih bersemayam di dada umat Muhammad Saw, niscaya mereka masih lebih mencintai diri mereka sendiri ketimbang mencintai Rasul-Nya. 

Para ahli hikmah menandaskan bahwa gelora asmara adalah penyakit, seperti hal-hal penyakit lainnya yang menggerogoti hati manusia, sehingga asmara bisa diobati. Ada banyak terapi (petunjuk) pengobatan guna mengatasi penyakit asmara ini. Jika sang pecinta itu orang yang tekun mentradisikan nilai-nilai ajaran agama, maka ada terapi syari’at yang diajarkan oleh Rasulullah Saw untuk menyudahi “geliat” asmara, keliaran rindu, dan cintanya. Seperti yang ditandaskan dalam kitab Shahih Bukhari dan Muslim dari hadist Anas Ibnu Mas’ud Ra bahwa Rasulullah Saw bersabda: 

“Wahai para muda, jika ada di antara kalian yang sudah mampu (berpenghasilan) hendaknya kalian bersegera menikah. Barang siapa yang belum mampu hendaknya ia mentradisikan puasa, sebab puasa adalah perisai diri.” 

Dalam hadist ini Rasulullah Saw menerangkan dua terapi pencegahan dalam mengatasi penyakit asmara (cinta), yaitu pertama bersifat primer dan kedua bersifat sekunder. Puasa merupakan pencegahan primer bagi keliaran nafsu yang belum tersalurkan. Selama seorang belum mampu menikah, maka puasa adalaha solusi terbaik baginya. Rasulullah Saw senantiasa menyemangati umatnya untuk segera menikah, karena nikah adalah solusi paling urgen untuk “menstabilkan” (mengobati) penyakit asmara dan cinta. Seperti yang ditegaskan dalam hadist riwayat Ibnu Majah dalam kitab sunan-nya dari Ibnu Abbas Ra bahwa Rasulullah Saw bersabda: 

“kami belum melihat indahnya, selain dua kekasih saling beradu kasih, kecuali dalam mahligai pernikahan.” 

Makna yang tersirat dari hadist ini adalah merupakan sugesti bagi para muda, bahwa apapun “riak cinta” yang tidak dilembagakan dalam pernikahan adalah semu dan menipu, serta berujung pada kesengsaraan dan kenistaan. Selain itu, Rasul menganjurkan kepada para muda untuk menjunjung tinggi harkat cinta dengan melemagakannya dalam pernikahan yang suci. Hal itu tidak lain adalah kemaslahatan para muda itu sendiri. 

Pesan Qur’ani menandaskan: 
”Allah Swt hendak memberikan keringanan kepada kalian dan manusia dijadikan bersifat lemah.” (Q.S An-Nisa’ (4) ; 28) 

Dalam ayat tersebut ditegaskan bahwa kodrat manusia adalah lemah, terutama lemah dalam mendidik nafsu syahwatnya. Mencegah hawa nafsu syahwat bukanlah pekerjaan ringan. namun merupakan pekerjaan yang super-super berat. Karena Allah Swt meringankan beban para hamba-Nya dengan menghalalkan bagi para lelaki untuk memperistri satu,dua,tiga, dan empat dari wanita-wanita yang sesuai dengan pilihan mereka. Bahkan untuk meringankan beban itu, Allah juga memperbolehkan menikahi para hamba sahaya, dan para janda. Jika hal tersebut memang demi solusi kerapuhan dalam menahan hawa nafsu syahwatnya, maka harus dilakukan sesuai ajaran syariat secara benar. 

Para ahli hikmah menandaskan bahwa terapi secara syariat adalah trapi primer, sedangkan trapi non-syariat adalah trapi skunder. hal yang paling esensial dalam trapi skunder adalah dengan trapi psikologis. Jika seseorang tidak mampu mengobati dirinya dengan trapi syariat (puasa dan nikah), maka ia dapat menyembuhkan penyakit asmara (rindu) dan cintanya dengan trapi psikologis. Jika anda belum tahu trapi psikologis silahkan untuk membacanya Di Sini

No comments:

Post a Comment

Berikanlah komentar terhadap postingan ini tentang keritik atau saran. karena dengan itu kami berharap dapat memperbaiki postingan yang selanjutnya. oleh karena itu komentar anda akan sangat berarti bagi kami. Akhir kata semoga postingan ini bermanfaat bagi anda khususnya, dan umumnya bagi semua orang.

Mohon maaf dari segala kesalahan dan kekurangan yang terdapat dalam penulisan ini, karena admin adalah seseorang yang masih jauh dari hakikat kebenaran yang sebenarnya.

Kalam Tuan syaikh Abdul Qodir Bagian Awal Tentang I'tirod

 قال سيدنا الشيخ محي الدين ابو محمد عبد القدير رضي الله عنه بكرة يوم الأحد بالرباط ثالث الشوال سنة خمس وأربعين وخمسمائة،  Sayidina syaikh ab...